Arifin B P Spot

" Tidak Semua Benar, Hanya Perlu Anda Pahami "

Windows Live CD via Flashdisk? Ini Loh Caranya

Apa itu Windows Live CD? Kalau boleh saya ibaratkan sebuah Sistem Operasi Windows yang berjalan tanpa harus diinstall terlebih dahulu. Maksudnya? Jadi semacam aplikasi portabel (tanpa harus diinstall) yang dapat kita temukan di dunia internet.

Windows Live CD memungkinkan Anda menggunakan Sistem Operasi Windows untuk tujuan apapun tanpa harus menginstall terlebih dahulu atau melakukan perubahan pada konfigurasi sistem.

Terus apa fungsinya? Paling gampang dijelaskan yaitu untuk melakukan backup data ketika Windows yang kita gunakan rusak. Jadi misalkan di dalam komputer atau laptop kita sudah terinstall Sistem Operasi Windows, kemudian pada suatu kejadian Sistem Operasi kita kena virus atau tidak bisa booting atau dikatakan rusak.

Kalau tidak bisa diperbaiki Sistem Operasinya tentu saja paling ampuh kan install ulang, namun masih ada data-data yang tertinggal di dalamnya (biasanya ada di Localdisk C) yang perlu kita pindah terlebih dahulu agar saat install ulang data tidak hilang.

Disini kita dihadapkan pada sebuah dilema, dimana Windows rusak dan perlu diinstall namun masih ada data penting kita yang masih tersimpan di Localdisk C.

Mungkin bagi orang awam yang tidak tahu pasrah dengan keadaan ini artinya merelakan data mereka hilang begitu saja karena harus install ulang Sistem Operasi. Kalau data berupa film atau game atau gambar yang gampang dicari lagi sih no problem, kalau data Skripsi kan bisa pusing 😀 .

Untuk mengatasi hal itulah Windows Live CD berperan dalam hal ini, yaitu berfungsi menggantikan sementara Sistem Operasi yang rusak guna melakukan backup data yang masih ada di Localdisk C sebelum install ulang atau memperbaiki Sistem Operasi.

Terus bagaimana cara menggunakan Windows Live CD? Kita cukup memanfaatkan media penyimpanan eksternal seperti CD/DVD atau Flashdisk atau Harddisk Ekstrenal, namun kali ini saya berikan cara menggunakan dengan menggunakan Flashdisk, berikut adalah caranya :

Cara Membuat Windows Live CD

  • Pertama siapkan Flashdisk minimal berukuran 1 GB dan harus dalam keadaan kosong (WAJIB)
  • Kemudian download Windows Live CD + alat tempur lainnya disini, dan ekstrak nantinya akan ada 3 file seperti gambar di bawah ini3 file dari download
  • Dalam posisi flashdisk ditancapkan, buka aplikasi HP USB Formatter (Run as Administrator) dan akan muncul kotak dialog seperti iniKotak dialog HP USB Formatter
  • Pada Device pilih drive dimana Flashdisk yang akan digunakan dan untuk pengaturan lainnya samakan pada pengaturan di atas, kemudian klik Start dan akan muncul notifikasi bahwa semua data akan hilang saat di format, klik Yes
  • Kemudian setelah selesai tutup aplikasi HP USB Formatter dan lakukan ekstrak file Windows 7 Live CD from USB ke flashdisk yang akan digunakan menggunakan aplikasi baik Winrar, Winzip atau lainnya (jangan lakukan ekstrak di dalam folder)
  • Langkah selanjutnya buka aplikasi Win8USB Installer Maker For Windows 8 (Run as Administrator) dan pilih drive dimana Flashdisk yang telah berisi file Windows Live CD yang dibuat tadi pada bagian Select a USB Drive dan kemudian klik Fix USB Boot hingga muncul tulisan di dalam kotak putih seperti gambar di bawah iniMembuat Flashdisk Bootable
  • Sampai langkah ini untuk membuat Windows Live CD via USB sudah selesai tinggal kita gunakan
Baca Juga :   Menstabilkan Koneksi Internet dengan CMD

Cara Menggunakan Windows Live CD

  • Dalam kondisi flashdisk yang sudah berisi Windows Live CD tadi kita tancapkan atau colokkan ke Laptop atau Komputer yang Windowsnya mengalami kerusakan
  • Pada saat pertama kali menyalakan tekan ESC atau Del atau tombol lainnya agar bisa masuk ke dalam pengaturan BIOS untuk mengatur First Boot menjadi USB HDD atau dalam beberapa merk Laptop bisa langsung menekan tombol antara F1-F12 untuk memilih Boot dari media apa (untuk cara ini langsung pilih media Flashdisknya)
  • Kemudian akan muncul loading file seperti kita akan menginstall Windows, tunggu beberapa saat lagi maka nantinya akan muncul Welcome page dari Windows Live CD
  • Dan setelah itu akan masuk ke Desktop yang tampilannya sama persis dengan Windows 7 dengan adanya aplikasi-aplikasi standar semacam Paint, Calculator dan sebagainya. Artinya kita sudah berada dalam mode penggunaan Wondows Live CD dan berikut adalah tampilannya.Tampilan desktop Windows Live CDTampilan explore Windows Live CD

Nah setelah sampai langkah ini tinggal kita gunakan saja Windows Live CD ini untuk keperluan apa, entah untuk backup data, cek kondisi Harddisk atau yang lainnya. Mudah bukan?

Catatan : Windows Live CD hanya digunakan untuk keperluan khusus seperti saya sebutkan di atas dan tidak bisa digunakan secara permanen.

The Author

Arifin Budi P

Penulis konten yang tidak bermutu, namun bermanfaat bagi sebagian orang. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arifin B P Spot © 2016 Frontier Theme