Arifin B P Spot

" Tidak Semua Benar, Hanya Perlu Anda Pahami "

Inilah Efek Buruk yang Ditimbulkan Jika Kurang Tidur

Kurang TidurTidur merupakan suatu aktivitas alami yang tentunya dilakukan oleh seluruh makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Tidur secara garis besar merupakan keadaan istirahat, fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang. (wikipedia.org).

Rata-rata manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur, artinya setiap hari manusia menghabiskan 8 jam untuk tidur (waktu yang normal). Namun dengan berbagai kegiatan atau tuntutan pekerjaan waktu tidur jelas akan terganggu, sebagian besar tidak dapat tidur tepat 8 jam dalam sehari bahkan kurang dari 8 jam dan akan mengganggu kesehatan. Tentunya dengan tidur yang kurang akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh seseorang, efek jangka panjang pun akan sangat merugikan diri sendiri. Efek buruk yang ditimbulkan tersebut antara lain :

  • Memori akan terganggu, tidur yang cukup mendorong pembentukan hubungan antara sel-sel, dan membantu dalam pembentukan memori. Dengan kurangnya tidur tentu akan dapat mengurangi kemampuan dalam memori dan tentunya ini akan berbahaya jika jangka panjang.
  • Meningkatkan tekanan darah, beberapa studi telah menemukan bahwa kurang tidur menyebabkan peningkatan tekanan darah dan telah dilaporkan dapat meningkatkan tekanan darah pada penderita hipertensi atau pra-hipertensi.
  • Mengurangi konsentrasi, lembaga di Amerika memiliki data yang menunjukkan bahwa tingat kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh kantuk dari pengguna jalan ataupun pekerja. Ini berhubungan sekali dengan konsentrasi karena ketika mengantuk akan menimbulkan reaksi yang lambat pada otak sehingga mengganggu konsentrasi.
  • Menimbulkan depresi, di Amerika dilakukan sebuah survey yang menunjukkan orang yang mengalami depresi rata-rata tidur kurang dari 6 jam di malam hari. Gangguan tidur paling umum yaitu insomnia, menurut studi tahun 2007 orang yang insomnia 5 kali lebih beresiko terkena depresi dibanding orang yang tidak insomnia. Dan parahnya lagi jika mengalami depresi akan membuat Anda sulit untuk tidur.
  • Gangguan pada kulit, kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang ridur. Tapi ternyata kurang tidur kronis dapat menyebabkan kulit loyo, garis-garis halus, dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih hormon kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, protein yang membuat kulit halus dan elastis. Kurang tidur juga menyebabkan tubuh melepaskan terlalu sedikit hormon pertumbuhan. Ketika kita masih muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan, hal ini membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.
Baca Juga :   Daftar Klub Liga Top Eropa Musim 2015-2016

Selain efek-efek tersebut masih banyak efek buruk lain seperti serangan jantung, stroke, diabetes dan denyut jantung tidak teratur. Setelah mengetahui beberapa efek buruk yang akan ditimbulkan dari kurang tidur apakah Anda yang merasa kurang tidur akan merubah pola tidur Anda? tidak ada kata terlambat untuk merubahnya, rubah pola tidur Anda dan rasakan manfaat positif yang didapat. Semoga bermanfaat 🙂

The Author

Arifin Budi P

Penulis konten yang tidak bermutu, namun bermanfaat bagi sebagian orang. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arifin B P Spot © 2016 Frontier Theme