Arifin B P Spot

" Tidak Semua Benar, Hanya Perlu Anda Pahami "

Cara Paling Mudah Menulis Konten Web atau Blog Tanpa Copas

copas

Bahasan kali ini saya akan memberikan sedikit tips yang sangat sederhana dan mungkin bisa bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya ini. Sebelum saya berikan tips sederhana ini mari kita lihat fakta yang ada terlebih dahulu. Ketika kita mencari sebuah kata kunci di google misalkan “cara mengganti warna scroll pada blog” tentu saja google akan memberikan banyak referensi artikel terkait hal tersebut dari berbagai sumber blog atau web. Namun ketika kita buka masing-masing sumber tersebut ternyata tulisannya tidak beda sama sekali dalam arti sama persis.

Hal tersebut terjadi karena ada blog atau web yang hanya melakukan copy paste, kenapa demikian? karena manusia pasti memerlukan yang namanya cara instan. Bagi beberapa blogger tentu cara copy paste artikel orang lain merupakan cara paling mudah untuk memperbanyak tulisan di blog atau web mereka. Tapi apakah dengan copy paste akan membuat kita bangga? bagi saya sih tidak sama sekali bahkan copy paste merupakan pelanggaran hak cipta. Masak ya orang susah payah menulis sebuah artikel panjang lebar ujung-ujungnya di copas orang trus blog yang copas artikel kita lebih populer? sakit gak tuh 😀 .

Nah tentu saja jika kita ingin memiliki blog atau web yang bermutu tentu tidak berisi artikel copas semua dong. Harus punya artikel hasil tulisan sendiri hehe seperti web saya ini 😀 . Tapi menulis sendiri itu cukup rumit jika tulisan yang akan diterbitkan berupa fakta yang harus didukung data yang benar. Nah inilah yang mendorong blogger lebih suka copas, tapi ikuti saja 2 langkah sederhana ini untuk bisa menulis sendiri tanpa copas artikel orang lain :

Baca Juga :   Meningkatkan Keamanan Halaman Login Admin Wordpress
  1. Ambil sumber artikel dari luar negeri, artinya ambilah tulisan bahasa inggris dari blog atau web luar negeri yang. Kemudian jika kemampuan bahasa Inggris Anda hebat bisa langsung saja tulis kembali ke dalam bahasa Indonesia atau bisa gunakan google translate. Ini tidak copas ya, karena copas itu sama persis dengan sumber, kalo kita translate bahasa Inggris ke Indonesia itu bukan copy paste karena walau konten sama tapi bahasanya berbeda.
  2. Tulis ulang artikel dari sumber dengan bahasa sendiri, tips ini biasanya jika kita ingin membuat artikel terkait tutorial. Biasanya kita membaca dahulu berbagai sumber tekait tutorial apa yang akan dibuat, kemudian ketika sudah mengerti isinya kita coba tulis sendiri dengan bahasa kita sendiri walau maksudnya sama dengan sumber-sumber lain yang sudah ada. Ini juga bukan copas loh ya kan kita menulis kembali bukan menerbitkan kembali yang sudah ada.

Bagaimana tips itu cukup membantu? tips tersebut hasil pengalaman pribadi karena saya masih gunakan cara tersebut pada beberapa artikel di web ini. Tips yang lainnya sangat banyak sekali dan bisa Anda cari di google. Semoga bermanfaat 🙂

The Author

Arifin Budi P

Penulis konten yang tidak bermutu, namun bermanfaat bagi sebagian orang. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

4 Comments

Add a Comment
  1. aku mau nanya min, kalau aku bikin 2 blog menggunakan artikel yang sama… tapi aku ubah menjadi 2 bahasa. jadinya di blog satu bahsa indo dan blog satunya lagi bhsa inggris.. apa itu melanggar GA ?

    1. Jadi cuma translate aja gtu ya?
      Sepertinya itu melanggar TOS dari GA

  2. Makasih tipsnya gan. Saya blogger pemula yang masih bingung bagaimana nulis artikel original. Kalau boleh tau, boleh tidak membuat artikel dengan cara menulis ulang artikel dari majalah/buku dengan bahasa sendiri? Dan bagaimana cara menyertakan sumberny? Apa cukup hanya dengan menulis ‘Di kutip dari berbagai sumber’. Dan satu lagi, blog yg suka nulis revie hp itu sumbernya dari mana? Apa mereka membeli sendiri? Maaf banyak tanya, karena saya benar2 baru di dunia blogging. Thanks.

    1. Menurut saya pribadi boleh-boleh saja menulis dari majalah dengan bahasa sendiri, yg penting disertakan sumbernya darimana. Kebanyakan yg suka nulis review gadget itu mereka mendapatkan gadgetnya secara gratis, baik dari sponsor maupun request sendiri, contohnya blog http://www.gontagantihape.com. CMIIW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arifin B P Spot © 2016 Frontier Theme