Arifin B P Spot

" Tidak Semua Benar, Hanya Perlu Anda Pahami "

Cara Mengetahui Template Web Orang Lain Secara Mudah

Orang Indonesia terkenal orang yang kepo 😀 , tidak hanya kepo terhadap peristiwa yang terjadi tapi juga kepo di internet.

Mengenai blogger tentunya, terkadang ketika sedang asyik browsing kita biasa menemukan tampilan sebuah web atau blog yang bermacam-macam.

Ada yang warna-warni, ada juga yang sederhana, ada yang menggunakan 2 kolom, 3 kolom dan lain sebagainya.

Nah itu dinamakan template, bagi para blogger mungkin sudah tahu apa itu template, dan tentunya pemilik blog tidak asal dalam pemilihan template.

Apalagi jaman sekarang modenya yang sederhana, responsive dan fast loading. Tetapi masih banyak juga yang masih menggunakan template yang lumayan ramai, tergantung masing-masing pengelola blog.

Nah mungkin bagi para blogger yang suka mengoleksi template tentu saja ketika sedang berkunjung di sebuah web yang sesuai dengan template kesukaan kita tentu saja ingin memilikinya untuk koleksi bukan?

Pertanyaan dasar mungkin bagaimana cara mengetahui template web atau blog? Sebenarnya template buatan sesorang itu sudah menampilkan nama yang biasa ditemukan di bagian bawah blog atau bagian footer seperti blog saya yang menggunakan template Frointer. Jadi jika ingin download template tinggal klik saja yang akan menuju ke situs resmi dimana template itu bisa didapatkan.template di footer

Namun kebanyakan blogger seringkali menghilangkan identitas nama template yang berada di bagian bawah atau footer ini. Padahal biasanya dari pihak pembuat template sudah memberi peringatan keras untuk tidak menghilangkannya.peringatan pembuat template

Namun tenang ada tidak usah galau atau sedih jika kita tidak menemukan nama template yang biasa berada di bagian bawah blog. Ada cara lain yang bisa digunakan, ikuti caranya berikut ini :

  • Untuk Blogspot

Untuk Blogspot biasanya memang dicantumkan nama tema di bagian bawah blog seperti saya terangkan tadi, namun jika kita tidak menemukan nama di bagian bawah coba cara ini.

Kunjungi sebuah blog berbasis blospot ya, ini penting karena juga mau liyat template blogspot masak kunjungannya ke wordpress ya gak bakal ketemu 😛 , contohnya saya buka blog arifinbp.blogspot.comtampilan blog target

Kemudian tekan CTRL+U untuk masuk ke view-source dari blog yang ingin dilihat templatenya. Akan ada banyak sekali coding disana (jangan pusing ya 😀 ), kemudian tekan CTRL+F cari kata kunci template (tanpa tanda petik).kata kunci template

Tentunya nanti akan mendapatkan hasil pencarian kata kunci template yang banyak sekali bukan? cari kata kunci template yang berada paling atas yang termasuk di dalam komentar (bukan coding yang berupa perintah) seperti gambar di bawah ini.nama template

Baca Juga :   Inilah Beberapa Keuntungan Jika Memiliki Blog

Nah disana sudah jelas informasi yang didapatkan mengenai nama template yang digunakan blog tersebut bukan? Langkah terakhir tinggal kita googling aja nama templatenya dan tentu nanti akan menuju ke situs resmi dari pembuat template tersebut.

  • Untuk WordPress

Untuk mengetahui template web atau blog berbasis WordPress hampir sama cara yang digunakan dalam mengetahui template web atau blog yang berbasis Blogspot. Kadang ada yang sudah mencantumkan nama template di bagian bawah namun ada juga yang tidak menampilkan.

Cara pertama hampir sama dengan cara mengetahui template berbasis Blogspot, buka web berbasis WordPress saya contohkan web saya arifinbp.my.id. Tekan CTRL+U untuk view-source, kemudian tekan CTRL+F dan cari kata kunciwp-content/themes (tanpa tanda petik).nama tema

Nama di belakang kata kunci wp-content/theme (frontier dalam contoh ini) itulah yang menunjukkan nama template atau tema dari sebuah blog berbasis WordPress. Cara terakhir tinggal searching di google saja nama tema tersebut dan akan menuju situs resminya.

Cata kedua buka web whatwpthemeisthat.com untuk mengetahui template web atau blog berbasis Website dan masukkan domain dari web atau blog ke dalam kolom input yang sudah disediakan (saya contohkan blog saya arifinbp.my.id) kemudian enter dan tunggu prosesnya.

Setelah hasil proses keluar maka akan menunjukkan informasi lengkap mengenai nama template atau tema, situs resmi template atau tema tersebut, dekripsi, pembuat, versi bahkan plugin apa saja yang digunakan pada web atau blog tersebut akan ditampilkan disana.informasi template infromasi plugin

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui template web atau blog. Tentu saja dengan cara yang saya jelaskan diatas sangat mudah dipahami dan dipraktekan. Semoga bermanfaat 🙂 .

Catatan : Tema yang sudah diedit atau yang memang buatan sendiri biasanya tidak bisa kita ketahui apa nama tema atau template tersebut karena memang tema tidak digunakan secara bebas.

The Author

Arifin Budi P

Penulis konten yang tidak bermutu, namun bermanfaat bagi sebagian orang. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

2 Comments

Add a Comment
  1. Makasih gan. Sangat membantu.
    Semua blogspot berarti ada nama templatenya gan di kode2 yang banyak itu? Udah pasti ada? Terimakasih

    1. Belum tentu ada gan, tp kebanyakan klo pake template gratisan ada namanya klo gk diedit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arifin B P Spot © 2016 Frontier Theme