Arifin B P Spot

" Tidak Semua Benar, Hanya Perlu Anda Pahami "

Cara Membuat Lembar Soal Tes Pauli di MS Word

Jobseeker?pasti tau dong apa itu tes Pauli, ya tes kemampuan menghitung secara teliti dan efisien. Tes ini sih biasanya standar digunakan untuk proses rekrutmen karyawan.

Umumnya orang menyebut tes ini sebagai tes koran, kok bisa? Ya karena di tes ini peserta tes biasanya dihadapkan oleh selembar kertas seukuran koran berisi penuh angka.

Angka yang disajikan cuma angka satuan dari 1-9, namun angka tersebut disajikan secara acak baik vertikal maupun horizontal.

Sebenarnya dalam tes ini tidak untuk melihat betapa pintarnya kita dalam menghitung, namun lebih kepada bagaimana tingkat kefokusan kita, kecepatan kita dan stabilitas kita.

Karena nantinya hasil akhir tes ini akan membentuk sebuah grafik yang meggambarkan sesuatu (Psikolog yang tau ane gaktau 😀 ).

Namun bagi yang belum pernah mengikuti tes ini tentu saja akan kaget dan merasa gugup ketika mengerjakan tes ini (pengalaman ane sih gitu 😀 ).

Mungkin bagi sebagian orang yang sudah terbiasa mengikuti tes ini tentu tidak akan repot dalam mengerjakan karena tentunya sudah siap dan sudah banyak jam terbangnya 😀 .

Dalam artikel ini saya tidak akan memberikan tips mengenai tips lulus tes Pauli atau cara jitu lulus tes Pauli, tapi saya akan memberikan tips agar Anda sebagai jobseeker siap untuk menjalani tes ini.

Mungkin banyak yang bertanya, deretan angka dari tes ini apakah hanya bisa dimiliki oleh pihak psikologi terbatas atau bisa dibuat? Disinilah jawabannya, sangat bisa dibuat hanya dengan MS Word.

Langsung saja saya berikan cara membuat format untuk tes Pauli.

Baca Juga :   Cara Membuat File ISO Agar Menjadi Bootable dengan PowerISO
  • Buka aplikasi MS Word, kemudian tekan Alt + F11 dan akan muncul tampilan seperti di bawah initampilan Alt + F11
  • Kemudian Insert>Module dan muncul kotak dialog lagi seperti di bawah iniTampilan Module
  • Kemudian paste kode script di bawah ini
Sub PsikoNumGenerator()
Randomize Timer
theEnd = InputBox(“Jumlah angka yang akan dibuat”, “Jumlah Angka”)
If Not IsNumeric(theEnd) Then Exit Sub
If Int(theEnd) = 0 Then Exit Sub
For i = 1 To theEnd
theText = theText & vbTab & Int(Rnd(i) * 10)
Next
Selection.TypeText Text:=theText
End Sub
  • Selanjutnya tinggal kita Run script tersebut dengan menekan tombol F5, kemudian akan muncul kotak dialog dimana kita harus memasukkan berapa jumlah angka yang akan kita buat, misal 500
  • Nantinya hasil script tersebut akan muncul di lembar kerja MS WordHasil script
  • Selanjutnya tinggal kita cetak saja format untuk tes Pauli tersebut.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk membuat format tes Pauli, dengan demikian bisa kita gunakan untuk berlatih mengerjakan tes Pauli. Karena ada quote Practice makes perfect, sehingga sering kita berlatih tentu saja pencapaian kita untuk tes Pauli ini juga akan menghasilkan hasil yang baik juga. Salam jobseeker 😀 .

The Author

Arifin Budi P

Penulis konten yang tidak bermutu, namun bermanfaat bagi sebagian orang. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arifin B P Spot © 2016 Frontier Theme