Arifin B P Spot

" Tidak Semua Benar, Hanya Perlu Anda Pahami "

Cara Membuat Bootable Linux dengan Menggunakan USB Flashdisk

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja (wikipedia.org).

Mungkin bagi sebagian orang khusunya programmer sudah tidak asing dengan Sistem Operasi yang satu ini, tapi bagi beberapa orang masih terdengar asing. Linux memang berbeda dengan Windows baik dari segi interfacenya maupun segi fiturnya, bagi orang awam tentu menggunakan Linux akan sangat merepotkan karena mungkin sudah terbiasa menggunakan Sistem Operasi Windows. Sebenarnya Linux merupakan alternatif yang sangat tepat untuk mengurangi penggunaan software bajakan ya kita tau sendiri lah negara kita sebagian besar orang masih menggunakan software bajakan tak terkecuali Sistem Operasi Windowsnya. Saya pun tidak pernah menggunakan Linux sebagai Sistem Operasi karena memang kebutuhan kuliah banyak yang tidak didukung dalam Sistem Operasi tersebut hehe. Tapi karena masa kulaih saya akan segera selesai saya sedikit penasaran dengan Sistem Operasi satu ini, ingin sekali mencoba menggunakannya walaupun mungkin akan merepotkan. Tentu pertanyaan paling awal diajukan bagaimana cara menginstall Linux ke Laptop/PC yang digunakan?

Tentu saja pertanyaan itu yang sering ditanyakan bagi pemula yang akan menggunakan Linux tak terkecuali saya hehe, tak beda jauh dengan install Windows, Linux pun bisa diinstall menggunakan media USB Flashdisk maupun Media DVD, tapi saya lebih nyaman menggunakan USB Flashdisk. Mungkin seperti diketahui kalau ingin menginstall Windows dengan menggunakan USB Flashdisk bisa menggunakan bantuan beberapa software seperti Rufus atau WintoFlash seperti yang saya jelaskan di artikel Inilah Cara Install Windows Menggunakan Flashdisk. Tapi bagaimana dengan Linux apakah juga bisa menggunakan Rufus? Tentu saja bisa dengan cara yang sama dengan artikel sebelumnya. Namun agar lebih banyak pengetahuan kali ini saya memberikan cara membuat bootable Linux dengan menggunakan software lain namun bekerja seperti Rufus yaitu YUMI. YUMI memiliki fitur dimana kita bisa memilih distro Linux mana yang bisa buat bootable, dan fitur-fitur lain yang sangat banyak di dalamnya. Langsung saja daripada kepo ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Siapkan Flashdisk kosong minimal ukuran 4 GB untuk dibuat bootable
  • Kemudian download dulu software YUMI disini 
  • Kemudian buka softwarenya, muncul tampilan License Agreement klik I Agree kemudian akan muncul tampilan utama sebagai berikutYumi
  • Dimana pada Step 1 merupakan pemilihan USB Device untuk dibuat bootable, kemudian pada Step 2 merupakan pemilihan distro Linux yang akan dibuat bootable (disini saya contohkan Linux Ubuntu)
  • Kemudian Step 3 yaitu memilih file ISO Linux Ubuntu yang akan dibuat bootable dengan klik BrowseISO Ubuntu
  • Selanjutnya tinggal klik Create dan akan muncul notifikasi, klik Yes dan proses pun akan berjalan, biasanya aplikasi pengolah ISO akan berjalan otomatis untuk melakukan ekstrak terhadap file ISO ke dalam FlashdiskProses Yumi
  • Tunggu kira-kira 2-3 menit untuk proses pembuatan bootable LinuxnyaSelesai Proses Yumi
  • Dan jika sudah klik Next dan akan muncul notifikasi klik No saja dan terakhir klik Finish
Baca Juga :   Uninstall Program Secara Tuntas dengan Revo Uninstaller

Selesai sudah pembuatan bootable Linux dengan media USB Flashdisk, mudah bukan? Semoga bermanfaat 🙂

The Author

Arifin Budi P

Penulis konten yang tidak bermutu, namun bermanfaat bagi sebagian orang. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arifin B P Spot © 2016 Frontier Theme